Muhammad Akhlul AZ, Anak Petani yang Meraih Nilai USBN Tertinggi di Kukar


Muhammad Akhlul ZA, murid SD Muhammadiyah Tenggarong, menerima piala, piagam dan hadiah dari Kepsek Sukiran, Rabu (12/6). Nilai USBN Akhlul tertinggi se-Kabupaten Kukar dengan total nilai 279. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG – Muhammad Akhlul AZ (12), murid SD Muhammadiyah Tenggarong, meraih nilai tertinggi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SD/MI se-Kabupaten Kukar dengan total nilai 279 yang diumumkan serentak, Rabu (12/6/2019).

Akhlul merupakan anak seorang petani yang tinggal di Jl Long Apari RT 13, Kelurahan Maluhu, Kecamatan TenggarongKukar.

“Belajarnya biasa saja. Cuma waktu ujian dia rajin shalat tahajud,” ujar Akhlul didampingi ibunya, Tumini Nurdia Safitri. Akhlul memang selalu menempati peringkat 1 sejak duduk di kelas 4.

Ia juga masuk di kelas unggulan SD Muhammadiyah Tenggarong. Akhlul sangat menyukai pelajaran matematika. Tak heran jika nilai matematikannya tertinggi dari 2 mata pelajaran lainnya yang diujikan USBN, yakni 97.
Sehari-hari Ngari, ayah Akhlul, bertani di Maluhu.

“Bapak juga bekerja sebagai guru honor di Ponpes Ribathul Khail Timbau sebagai guru penjaskes. Karena kalau mengandalkan hasil pertanian tak menentu, kadang panen kadang pula tidak,” ujar Tumini.

Ayah Akhlul juga harus mencukupi ketiga orang anaknya. Ia tetap memprioritaskan pendidikan ketiga anaknya.
“Penghasilan yang diterima dicukup-cukupkan demi biaya sekolah anak-anak,” tuturnya.

Akhlul melanjutkan pendidikannya ke MTs Negeri Tenggarong. Ia tak menyangka hasil nilai USBN miliknya tertinggi se- Kabupaten Kukar. Tahun ini nilai USBN tingkat SD/MI tertinggi se-Kukar didominasi dari SD Muhammadiyah Tenggarong.

Dari 15 besar peraih nilai USBN tertinggi, 13 orang di antaranya diraih murid SD Muhammadiyah dari kelas unggulan.
Sukiran, Kepsek SD Muhammadiyah Tenggarong, mengemukakan murid kelas 6 ini telah melewati bimbingan belajar (bimbel) mulai Agustus 2018-Januari 2019, selanjutnya mereka menjalani pra USBN sebanyak 5 kali setelah bimbel.

Mereka juga mengikuti tes daya serap tingkat kecamatan sebanyak 3 kali yang diadakan K3S dan sekali tingkat kabupaten yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar.

“Saya lihat nilai anak-anak mendekati pelaksanaan USBN semakin tinggi,” ucap Sukiran.

Ia mengaku bangga anak didiknya mendominasi perolehan nilai USBN tertinggi se-Kukar. Sebagai apresiasi terhadap prestasi anak didiknya, Sukiran memberikan hadiah berupa bingkisan, piala dan piagam bagi 10 besar peraih nilai USBN tertinggi.

“Tiga besar peraih nilai USBN tertinggi per mata pelajaran juga diberi hadiah. Kebanyakan mereka yang berprestasi ini berasal dari kelas unggulan,” tuturnya.

Sukiran mengaku menerapkan kelas unggulan ini sebagai pengalamannya waktu menjadi Kepsek di SMPN 1 Tenggarong.(*) JA

Sumber :
https://kaltim.tribunnews.com/2019/06/13/muhammad-akhlul-az-anak-petani-yang-meraih-nilai-usbn-tertinggi-di-kukar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *