Satu-Satunya Perpustakaan Sekolah diKukar yang Raih Akreditasi Perpusnas RI Ada di SD Muhammadiyah 1 Tenggarong

admin

Tenggarong, 30 juni 2020:

Perpustakaan Sekolah Ar-Rasyid Milik SD Muhammadiyah 1 Tenggarong berhasil meraih sertivikasi akreditasi dengan predikat B dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

Yang membanggakan, perpustakaan Ar-Rasyid ternyata merupakan perpustakaan sekolah pertama di Kutai Kartanegara (KUKAR) yang terakreditasi oleh Perpusnas.

Sertifikat akreditasi tersebut diserahkan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kukar Aji Hasanuddin kepada Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Tenggarong Arqam Kadir Lamahu, Senin (29/06) kemarin di Tenggarong.

Menurut Kepala Diarpus Kukar Aji Hasanuddin, Sertifikat tersebut sebenarnya telah diserahkan Kepala Perpunas RI Kepasa Diarpus Kukar pada saat Rakornis Bidang Perpustakaan dan Kearsipan tahun 2020 di Tanah Grogot pertengahan Maret lalu. “Namun karena adanya wabah COVID-19, maka baru sekarang bisa dilakukan penyerahan kepada SD Muhammadiyah 1 Tenggarong”, ujarnya

Ditambahkan Aji Hasanuddin, untuk mendapatkan akreditasi perpustakaan tersebut sudah memiliki NPP (Nomor Pokok Perpustakaan). Kemudian, ada 6 komponen dan puluhan indikator yang menjadi penilaian oleh tim Asesor Purpus RI.

“Enam komponen yang dinilai meliputi koleksi buku, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan penyelenggaraan perpustakaan dan komponen penguat kinerja. Dan total ada 77 indikator penilaian yang wajib dipenuhi untuk perpustakaan sekolah setingkat SD/MI,” ungkapnya.

Sementara Kepala Sekolah SD Muhammadiyah ! Tenggarong, Arqam Kandir Lamahu, menyatakan sangat bersyukur atas diperolehnya akreditasi dari Perpusnas RI.

“alhamdulillah perpustakaan sekolah kita berhasil meraih akreditasi dengan predikat B. Pencapaian ini tak lepas dari kerja keras Kepala Perpustakaan dan staf, Beserta tim akreditasi Perpus SD Muhammadiyah 1 Tenggarong,” Ujarnya.

Arqam juga menyampaikan penghargaan Kepada Diarpus Kukar Yang sangat berperan untuk memberikan pembinaan dan bimbingan sehingga Pepustakaan Sekolah SD Muhammadiyah 1 Tenggarong dapat meraih akreditasi dari Perpusnas RI.

Dengan terakkreditasinya perpustakaan Ar-Rasyid yang berdiri sejak tahun 1996 dengan koleksi 3000 judul buku itu, lanjut Arqam, diharapkan dapat lebih meningkatkan minat baca para siswa yang kelak akan mendukung program literasi di sekolah.

Kami juga berharap agar jajaran Dinas Kerasipan dan Perpustakaan tetap memberikan bimbingan ke depannya agar perpustakaan Ar-Rasyid bisa semakin baik ke depannya,” pungkasnya. (win)

Sumber : www.kutaikartanegara.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PELATIHAN PENGUATAN PEMBELAJARAN DARING/ LURING

PELATIHAN PENGUATAN PEMBELAJARAN DARING/ LURING “Membentuk Guru dan Siswa yag inovatif serta berkemajuan” Tahun Ajaran 2020/ 2021 Tenggarong 15 Juli 2020 SD Muhammadiyah 1 Tenggarong telah melaksanakan pelatihan Daring Via Google Classroom yang diikuti seluruh Dewan Guru SD Muhammadiyah 1 Tenggarong dengan jumlah kurang lebih 70 orang yang bertempat di […]